5 Tips Memilih Nama Bayi yang Kreatif

5 Tips Memilih Nama Bayi yang Kreatif

Sebelum bayi lahir, ada banyak persiapan yang harus disiapkan, salah satunya nama. Nama sangatlah berarti bagi si kecil karena mengandung do’a dan harapan dari Anda sebagai orang tua. Beragam nama bayi biasanya diambil dari bahasa maupun istilah-istilah. Misalnya, nama bayi islami, nama bayi yunani, nama bayi sansekerta, dan masih banyak lagi.

Mengacu pada istilah-istilah tersebut, tidak sedikit nama bayi yang memiliki kesamaan. Bahkan, tidak hanya nama depannya saja, tetapi juga sekaligus dengan nama belakangnya. Jika ingin memberi nama yang unik dan lain dari yang lain, pastikan Anda lebih kreatif saat memberi nama.

Memilih Nama Bayi

Untuk itu, ikuti 5 tips di bawah ini agar pemberian nama bayi bisa lebih kreatif.

  1. Membuat Daftar Nama yang Disukai

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat daftar nama bayi yang disukai. Anda bisa mencarinya melalui buku maupun website khusus ibu dan anak. Ada beragam daftar nama unik yang bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, buatlah list nama yang Anda sukai, mulai dari abjad pertama sampai terakhir.

Jika sudah, pilihlah nama bayi yang Anda sukai. Rangkai nama tersebut sehingga memiliki arti yang bagus dan baik.

2. Mengucapkan Nama Tersebut Satu Persatu

Setelah menulis beberapa daftar nama, ada baiknya Anda mengucapkannya satu persatu. Mintalah pasangan Anda untuk mendengarkannya, apakah nama tersebut pantas atau tidak.

Jangan sampai Anda memilih nama yang sekiranya kurang enak didengar atau sulit untuk diucapkan. Bisa-bisa ini berdampak tidak baik bagi si kecil di masa depan, misalnya saat penulisan namanya di ijazah, dan lain-lain.

3. Menyematkan Nama Keluarga

Jika Anda ingin memberikan nama yang unik untuk si kecil, gunakan nama keluarga di akhir namanya. Misalnya, jika keluarga besar Anda dikenal dengan nama Fahrurrozi, sematkan nama tersebut di bagian akhir. Contohnya seperti Khanaya Putri Fahrurrozi, Indira Sofia Fahrurrozi, dan masih banyak lagi.

Dengan menyematkan nama keluarga, nama si kecil akan terdengar lebih unik dan tidak akan ada yang menyamai. Diskusikan hal ini dengan pasangan, apakah sebaiknya menggunakan nama keluarga atau tidak.

4. Menggabungkan Nama dari Asal Orang Tua

Agar terkesan lebih bagus dan unik, gunakan nama yang berasal dari tempat asal Anda dan pasangan. Misalnya, penggabungan asal daerah Bandung dan Yogyakarta. Dengan penggabungan nama ini,  Anda bisa menghasilkan nama yang lain dari yang lain. Misalnya, Asmarani Citra Rengganis, di mana Asmarani dan Citra berasal dari Jawa, dan Rengganis dari Sunda.

5. Memilih Nama Bayi yang Jarang Dipakai

Terakhir, pilihlah nama untuk bayi yang langka dan jarang didengar. Ini tentu saja akan sangat unik karena tidak ada orang lain yang menyamai. Misalnya, Jaisnda Jocasta yang berarti perempuan berparas cantik seperti sinar bulan.

Itulah lima tips memilih nama bayi yang kreatif. Bagaimana, sudahkah Anda memiliki referensi nama-nama bayi yang akan Anda pilihkan untuk buah hati tercinta?